Senin, 13 November 2017 - 13:39:39 WIB
FGD II LABSOS KAMPUNG MADANI DESA KUTA
Kategori: Program Unggulan - Dibaca: 2685 kali

Focus Group Discussion (FGD) ke dua pengembangan Laboratorium Sosial Kampung Madani di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, di Aula Kantor Desa Kuta. Persiapan Desa Kuta sebagai Kampung Madani dalam hal penyusunan awig – awig Desa telah dilakukan pendampingan secara intensif selama 3 Tahun terakhir. Tahapan selanjutnya adalah penyempurnaan apa yang perlu ditambahkan/dilaksanakan, yang kemudian akan dibahas di FGD Provinsi pada akhir November mendatang, yang kemudian hasilnya akan dicetak sebanyak 5000 eksemplar dan akan dilaunching pada tahun 2018 serta akan disebarluaskan ke seluruh masyarakat bahkan ke pihak Pemerintah Daerah untuk kemudian disosialisasikan di daerah masing – masing.

Desa Kuta sendiri memimiliki sejarah yang monumental yang bisa menjadi potensi wisata yang sangat besar sehingga perlu disusun awig – awig atau peraturan Desa tersebut sebagai lompatan besar serta cita – cita bersama untuk mempertahankan kearifan lokal serta membangun Desa Kuta menjadi Desa yang lebih berbudaya dan bermartabat sekaligus melindungi Masyarakat Desa Kuta dari pengaruh negatif yang dibawa orang – orang dari luar wilayah Desa Kuta.

Setelah Awig – awig Desa disosialisasikan kepada semua pihak, Bakesbangpol Provinsi NTB beserta pemerintah terkait setempat akan secara terus menerus melakukan pemantauan terhadap perkembangan pola hidup masyarakat sebelum dan sesudah awig – awig ini diterapkan. Seperti halnya pemerintah Daerah, Masyarakat juga sangat antusias dengan dibentuknya Desa Kuta sebagai Kampung Madani, terlebih apabila melihat perkembangan Lombok Tengah khususnya Desa Kuta di bidang Pariwisata sangat pesat, sehingga awig – awig ini sangat diperlukan.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)