Jumat, 15 Desember 2017 - 12:47:59 WIB
RAPAT PAKEM 2017
Kategori: Kegiatan Bidang PNNK - Dibaca: 270 kali

Rapat Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan (PAKEM) dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Desember 2017 di Aula Kantor Bakesbangpoldagri NTB, Rapat dipimpin Ketua PAKEM NTB, Muhammad Syafruddin (PLH Kajati NTB), diikuti Sekretaris PAKEM (Kepala Bakesbangpoldagri NTB), dan anggota lainnya yaitu KABINDA NTB, Kemenag NTB, BAIS, POLDA NTB.  Ada banyak sekali hal – hal yang disampaikan terkait dengan aliran kepercayaan di Nusa Tenggara Barat, salah satunya yang disampaikan oleh perwakilan Dantim Bais yaitu Aliran keagamaan menyimpang yang perlu diwaspadai adalah hilafatul muslimin yang hingga saat ini makin meningkatkan frekuensi latihan nya.

Selain itu Kepala Bakesbangpoldagri selaku Sekretaris Tim PAKEM menyampaikan Beberapa aktivitas menonjol yang berpotensi konflik dan berhasil ditangani pada Tahun 2017, seperti pendirian rumah Alquran oleh Siti Aisyah di Pagutan, dimana pelaku sudah ditahan 2 tahun penjara; konflik bernuansa SARA di Lingkungan Asak dengan Peresak; pengikut Salafi di Desa Bun Salak Loteng; Pemurtadan oleh Syaifuddin Ibrahim atau dikenal dengan Abraham Bin Mozes yang saat ini sudah ditangkap pada tanggal 05 Desember 2017 kemarin. Selain itu perlu diantisipasi juga Warga NTB yang berdiam di luar daerah yang datang membawa aliran baru.

Dari Rapat PAKEM disimpulkan bahwa Sinergitas anggaran APBD akan difokuskan pada kegiatan pembinaan, monitoring, dan sosialisasi. Sedangkan APBN (Anggaran Kejati) untuk pembiayaan lainnya  Kegiatan PAKEM pada Tahun 2018 dapat diperluas pada upaya – upaya pencegahan atau preventif dengan mengoptimalkan peran masing-masing anggota dan tokoh tokoh masyarakat.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)