Rabu, 21 Maret 2018 - 08:41:35 WIB
KOORDINASI SURVEI PENYUSUNAN DISAGREGASI PMTB 2018
Kategori: Kegiatan Pimpinan - Dibaca: 176 kali

Kegiatan Koordinasi Survei Penyusunan Disagregasi Pembentukan Motal Tetap Bruto (PMTB) 2018 yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tanggal 20 Maret 2018, ini dilaksanakan di CGV Studio, Transmart Mataram, kegiatan yang dibuka oleh SEKDA Provinsi Nusa Tenggara Barat ini diisi oleh 4 orang narasumber yaitu Ir. Endang Tri Wahyuningsih (Kepala BPS Provinsi NTB), Farid Faletehan (Kepala OJK Provinsi NTB), Lalu Abdul Hadi Faisal, SH. (Ketua BPD PHRI Provinsi NTB), dan Drs. Lalu Gita Aryadi, M.Si (Kepala DPMPTSP Provinsi NTB).

Pada pemaparan Narasumber pertama Kepala BPS Provinsi NTB disampaikan bahwa Secara Mikro PMTB dikenal sebagai INVESTASI FISIK yang merupakan salah satu komponen PDRB yang mempunyai keterkaitan dengan berlangsungnya kegiatan ekonomi pada masa sekarang maupun pada masa yang akan datang. Jadwal pelaksanaan Disagregasi PMTB 2018 yang berupa Sosialisasi & Koordinasi akan dilaksanakan pada Bulan Januari – Maret 2018  dan Pelaksanaan Lapangan pada Bulan April – Juni 2018.

Terkait masalah Penyaluran Kredit per – sektor Ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Barat Sektor pertanian, perburuan dan kehutanan memiliki potensi yang cukup besar namun share masih kecil. Di Sektor pertambangan dan penggalian sendiri masih menjanjikan untuk berkembang; dan Sektor perdagangan besar dan eceran memiliki share tertinggi namun juga disertai dengan rasio kredit bermasalah yang paling tinggi dibandingkan sektor lainnya.

Pada bidang hotel dan restoran masih terdapat beberapa permasalahan yaitu Belum meratanya investasi; Minat investor yang kurang; Kebijakan pemerintah daerah yang tidak sama; dan Promosi/investasi yang kurang banyak/menjual. Harapan atau Optimisme Investasi untuk ke depannya adalah kualitas infrastruktur ditingkatkan; Kebijakan/Political Will yang mempermudah/tidak memberatkan investor; Pemetaan Potensi Pariwisata yang semakin dieksplore lagi; dan pemerataan investasi.

Pemaparan terakhir oleh Kepala DPMPTSP Provinsi NTB menyampaikan materi berjudul Peran Investasi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat NTB. Pada pemaparannya Kepala DPMPTSP Provinsi NTB menyampaikan banyak hal mengenai perkembangan investasi di NTB, mulai dari Prospek Investasi sampai dengan strategi percepatan investasi. 

DPMPTSP Provinsi NTB memiliki layanan perizinan online yang bernama SIPEPADU yaitu Sistem elektronik pelayanan perizinan dan nonperizinan yang terintegrasi antara DPMPTSP Provinsi NTB dan Orgsanisasi Perangkat Daerah Provinsi NTB yang kewenangan perizinan dan nonperizinannya telah di limpahkan kepada DPMPTSP Provinsi NTB. Yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat, sederhana, dan biaya murah bagi pengguna layanan jasa khususnya terkait pelayanan Perizinan dan Nonperizinan dan pelayanan informasi penanaman modal. Aplikasi SIPEPADU bisa diakses melalui Komputer & Smartphone dengan alamat www.investasi-perizinan.ntbprov.go.id.

Setelah pemaparan Materi oleh Narasumber dilakukan tanya jawab dan diskusi umum, lalu di akhir acara diberikan hiburan penayangan Film Benyamin.

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)