Kamis, 12 Juli 2018 - 14:46:23 WIB
PEMBENTUKAN KADER BELA NEGARA 2018
Kategori: Berita Kesbangpol - Dibaca: 9 kali

Kementerian Pertahanan RI Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan, melaksanakan Kegiatan Pembentukan Kader Bela Negara di Provinsi Nusa Tenggara Barat selama lima hari dari tanggal 2 sampai dengan 6 Juli 2018. Upacara pembukaannya dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 3 Juli 2018, kegiatan ini dibuka oleh Gubernur NTB yang diwakili oleh Asisten III Setda Provinsi NTB. Di dalam sambutannya Asisten III Setda Provinsi NTB menyampaikan bahwa Masalah Bela Negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh pembina sumber daya manusia, termasuk di dalamnya pemerintah daerah.

Pelatihan yang diikuti oleh 200 orang yang diambil dari semua unsur masyarakat ini tidak hanya melakukan pelatihan fisik, tetapi juga psikis yaitu diberikan materi – materi yang dapat meningkatkan rasa Bela Negara dan cinta Tanah Air. Selain itu diberikan pengetahuan – pengetahuan tentang Narkoba, Terorisme, serta Bencana Alam.

Upacara Penutupan dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 6 Juli 2018 dan ditutup langsung oleh pejabat dari Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan. Setelah Sambutan, sekaligus Pernyataan Penutupan resmi, dilakukan Penanggalan Tanda Peserta, Penyerahan  Sertifikat dan Penyematan PIN secara simbolis.

Pembentukan Kader Bela Negara ini untuk mewujudkan  sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Indikator kesadaran akan hak-hak kewajiban warga negara dalam bela negara, tercermin melalui nilai-nilai bela negara meliputi; cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; yakin pada pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; dan memiliki kemampuan awal bela negara secara psikis maupun fisik.         




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)