Bidang PNNKPembauran Bangsa

SOSIALISASI KEARIFAN LOKAL DESA JEMBATAN GANTUNG

Hari ini tanggal 03 oktober 2017, Bakesbangpoldagri Provinsi NTB melaksanakan kegiatan sosialisasi nilai – nilai Kearifan Lokal Adat Sasak bertempat di Kantor Desa Jembatan Gantung Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Acara tersebut dimulai jam 08.30 WITA, yang dihadiri oleh beberapa narasumber yang memiliki kopetensi dan keahlian dibidang masing – masing, sementara peserta sosialisasi Nilai – Nilai Kearifan Lokal Adat Sasak tersebut terdiri dari Tokoh Masyarakat, unsur pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Wanita serta kepala dusun dan aparat desa yang ada di Desa setempat.
Kepala bakesbangpoldagri prov. Ntb Drs. H.L.Syafi’i.MM dalam sambutan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Disetiap desa diharapkan agar dapat membuat peraturan atau awig – awig yang dapat dijadikan suatu aturan yang harus diikuti atau ditaati oleh seluruh masyarakat yang ada di Desa maupun orang2 yang masuk ke desa tersebut.
2. Mengajak pada kita semua agar mengitrospeksi diri melalui pekerjaan – pekerjaan untuk membangun daerah kita nusa tenggara barat tercinta ini
3. Tahun anggaran 2018 diharapkan kepada kepala Desa, BPD dan para Kadus agar menyusun program kegiatan untuk pembangunan Desa di bidang sumber daya manusia seperti peningkatan sumber pelatihan – pelatihan atau kursus – kursus teknis sehingga masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri
4. Mari kita jauhkan dalam pikiran kita semua dari buruk sangka terhadap siapapun lebih – lebih kepada Aparatur Desa.
5. Mari kita menjaga ketentraman dan keamanan serta ketertiban mayarakat dan menyelesaikan permasalahan dengan bermusyawarah dan jangan kita yang paling benar sehingga dengan cara seperti itu dapat menghindarkan kita dari konflik dengan yang lain
Adapun narasumber yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut yaitu :
1. TGH. Hasanain Juaini.LC.M.H
2. H. Husni Muazd. Ph.D
3. Drs. H. L. Anggawa Nuraksi
4. DR. Jamaluddin
Dalam pemaparan materi oleh para narasumber antara lain sebagai berikut :
1. Sebelum manusia melakukan sesuatu tindakan terdapat motivasi yang didorong oleh Nilai – Nilai yang dapat mempengaruhi keyakinan kita.
2. bangsa membangun peradaban diatas pondasi yang kuat dan adat istiadat budaya sehingga dpt menjaga kerukunan umat .
3. Agama sangat erat kaitannya dengan budaya sehingga seloka bahasa sasak yaitu dalam rangka persatuan dan kebersamaan masyarakat seperti : Tunjung tilah aik memeng empak bau.
4. Dalam suku sasak terdapat peninggalan Kearifan Lokal yang ditemukan dalam lontar dan tidak semua tradisi berbau bid’ah tetapi harusmenghubungkan dengan asal usul dalam Al – qur’an.
5. Manusia apapun statusnya tidak akan bermakna apabila tidak melakukan silaturrahim perjumpaan dengan orang lain yang bermanfaat dengan kata lain saling berterima dalam perbedaan hal ini adalah filosofi konsep sekolah perjumpaan.
6. Aktualisasi Nilai – Nilai Kearifan Lokal dapat memperkuat Wawasan Kebangsaan dan Nilai – Nilai luhur Pancasila dan idiologi negara
Pada acara tersebut peserta sosialisasi Nilai – Nilai Kearifan Lokal sangat antusias dengan program dan kegiatan yang di laksanakan oleh Bakesbangpoldagri Provinsi NTB.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close