Bidang PNNKPembauran Bangsauncategories

SOSIALISASI KEARIFAN LOKAL DESA SELEBUNG REMBIGE

Pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 pukul 09.00 Wita, Kepala Bakesbangpoldagri Prov. NTB, Drs. H. L. Syafi’i, MM bersama Sekretaris, Kepala Bidang PNNK, Kepala Bidang PMS & PK, dan staf melakukan acara silaturrahmi sekaligus sosialisasi dalam mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila, di Kantor Desa Selebung Rembige, Kec. Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpoldagri Prov. NTB menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bahwa Desa Selebung Rembiga sejauh ini kami dengar termasuk desa yang sangat aman, dan hal ini harus kita pertahankan sampai kapanpun.
2. Mengajak seluruh komponen masyarakat termasuk Babinsa, Kamtibmas, dan seluruh perangkat yang ada di desa ini secara bersama-sama menjaga sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Setiap pekerjaan harus dilaksanakan secara bersama-sama sehingga menjadi lebih mudah dan ringan.
4. Mengajak dan menghimbau untuk mempertahankan adat istiadat sasak ini agar dapat menjadi contoh bagi orang atau masyarakat lainnya karena ada nilai-nilai kearifan lokal yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain.

Dalam acara tersebut, dihadirkan juga beberapa tokoh-tokoh budaya sebagai narasumber yang memahami adat istiadat sasak, tentang bagaimana perlindungan perempuan dan anak, tentang perbuatan dan kebiasaan baik untuk hal-hal positif sehingga menjadi kebiasaan atau contoh turun-temurun. Adapun narasumber-narasumber tersebut sebagai berikut :
1. Drs. H. L. Anggawa Nuraksi
2. H. Husni Muazd, Phd.
3. Ir. Hj. Hartina, MM.

Adapun peserta pada acara tersebut adalah tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, serta beberapa Kepala Desa lain di sekitar juga ikut berkesempatan hadir.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan tertib dan lancar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close