Bidang PNNKKewaspadaan Nasionaluncategories

Penyegaran Mentor Sekolah Perjumpaan

Kegiatan Penyegaran Mentor dan Sekolah Perjumpaan Provinsi Nusa Tenggara Barat dilaksanakan di Hotel Puri Indah tanggal 21 – 22 Mei 2019 dimulai dengan Acara Pembukaan pada Pukul 16.00 Wita yang dibukasecara resmi  oleh Staff Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Dan Kemasyarakatan yaitu Drs. H. Muh. Suruji, MM. dalam sambutannya disampaikan bahwa Beliau Sudah mengikuti perkembangan Sekolah Perjumpaan ini dari awal pembentukannya 5 Tahun yg lalu. Program ini sangat bermanfaat untuk mencegah masalah sosial, termasuk 3 permasalahan besar di Indonesia yaitu Korupsi, Narkoba, dan  Teroris. Kalau saja masyarakat melaporkan diri kepada BNNP/K untuk minta direhabilitasi maka yang melaporkan diri tersebut tidak akan diproses hukum.

Setelah acara dibuka oleh  staff Ahli Gubernur dilanjutkan dengan materi  pertama oleh  Kepala Bakesbangpoldagri Provinsi  NTB Drs. H. Lalu Syafi’i, MM. Beliau menyampaikan bahwa Masyarakat desa bisa dijaga dari Narkoba dengan memasyarakatkan lagi awig – awig atau kearifan lokal di Desa tersebut. Salah satu upaya Pemerintah pada tahun – tahun sebelumnya adalah dengan melaksanakan Sosialisasi Kearifan Lokal di desa – desa yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Setelah materi  dari Kepala Bakesbangpoldagri Prov NTB, dilanjutkan dengan buka puasa bersama Dan setelah sholat isya’ Dan Tarawih dilanjutkan dengan Materi  dari Sekolah Perjumpaan.

Pada hari kedua, tanggal 22 Mei 2019, kegiatan dimulai pukul 08.00 dengan pemberian materi oleh Kepala Bidang Pencegahan & Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi NTB AKBP Cheppy Ahmad Hidayat, S.Ag. pada materinya disampaikan peraturan – peraturan dan perangkat pemerintah yang menangani masalah narkoba, selain itu disampaikan juga jenis – jenis dan bahaya narkoba serta bagaimana menangani apabila menemui kasus penggunaan maupun pengedaran narkoba.

Setelah Materi dari BNN Provinsi NTB, dilanjutkan dengan materi akhir dari Sekolah Perjumpaan, diharapkan dengan adanya mentor – mentor Sekolah Perjumpaan ini menjadi terdepan dalam penanganan permasalahan yang ada di Masyarakat, terutama masalah Narkoba. Oleh karena itu ke depan metode SP ini dapat dijadikan model untuk diterapkan di masyarakat, terutama di desa. Kemudian kegiatan ditutup oleh Kepala Bakesbangpoldagri Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang PNNK.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close